Kotlin – Dalam dunia pemrograman atau bahasa komputer,bahasa kotlin ini telah menjadi buah bubur yang sangat ramai dalam beberapa tahun terakhir. Kotlin adalah bahasa pemrograman yang modren dikembangkan oleh JetBrains, perusahaan yang ternama dengan Intellij IDEA, salah satu lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang populer dikalangan pengembang perangkat lunak. Kotlin diakui sebagai bahasa pemrograman yang menyederhanakan dan meningkatkan produktivitas pengembang aplikasi.

1. Sejarah Kotlin
Kotlin untuk pertama kalinya dikenalkan oleh JetBrain pada tahun 2011, tetapi baru mencapai stabilitas 1.0 pada tahun 2016. JetBrains mengembangkan kotlin dengan tujuan untuk mengatasi beberapa kelemahan bahasa pemrograman java yang umum digunakan dalam pengembangan aplikasi android. Meskipun kotlin dibangun diatas java virtual machine (JVM), kotlin slot sudah membawa banyak fitur baru yang sintaksis yang lebih ringkas, membuatnya lebih mudah dipahami dan digunakan oleh pengembang,

Keberhasilan kotlin sudah dipastikan sukses dan bagus dalam pengembangan aplikasi. Pada tahun 2017, google secara resmi mendukung kotlin sebagai bahasa pemrograman resmi untuk pengembangan aplikasi android bersama dengan java. Hal ini memberikan dorongan besar untuk mengadopsi kotlin, dan sejak itu, Kotlin menjadi semakin terkenal dan populer serta banyak digunakan oleh forum pengembang.

2. Kelebihan Kotlin
ada beberapa keunggulan kotlin yang menjadikannya bahasa pemrograman yang menarik bagi para pengembang. Dibawah ini adalah beberapa fitur kelebihan kotlin:

  • Interoperabilitas dengan java: Kotlin dapat beroperasi dengan mulus pada kode java yang sudah ada. Hal ini memungkinkan pengembang untuk mengintegratiskan kotlin kedalam proyek yang sudah ada, memanfaatkan kembali kode java yang sudah ada dan secara bertahap beralih ke kotlin.
  • Simpel dan Ekspresif: Sintaksis kotlin dirancang agar lebih simpel dan ekspresif dibandingkan dengan java. Hal ini mengurangi jumlah kode yang perlu ditulis,sehingga meningkatkan produktivitas pengembang dan mengurangi kesalan kemungkinan kesalahan.
  • Null Safety: Salah satu masalah umum dalam pemrograman adalah kecelakaan yang disebabkan oleh nilai null. Kotlin hadir dan bisa dengan mudah mangatasi masalah ini dengan memperkenalkan konsep null safety, yang memungkinkan pengembang untuk menerapkan penanganan yang lebih aman terhadap nilai null dalam kode mereka.
  • Functional Programming: Kotlin mendukung paradigma pemrograman fungsional dengen menyesdiakan dukungan penuh untuk fungso tingkat tinggi, lambda, operasi koleksi, dan masih banyak lagi. Hal ini memungkinkan pengembang unuk menulis kode yang lebih deklaratif, ringkas, dan mudah dipahami.
  • Korutin: Kotlin menyertakan fitur yang disebut sebagai korutin, yang merupakan cara efiein menangani operasi asynchronous dan non-blocking. Dengan menggunakan korutin, pengembang dapat menulis kode asynchronous dengan cara yang lebih sederhana dan mudah dibaca,

3. Pengembangan Aplikasi Mobile
salah satu kegunaan paling populer adalah untuk pengembangan aplikasi android. Dukungan resmdari google telah membuat kotlin menjadi pilihan yang menarik bagi pengembang andorid mobile. Keuntungan menggunakan kotlin untuk pengembangan aplikasi android meliputi :

  • Produktivitas : Kotlin memungkinkan pengembang untuk menulis kode yang lebih ringkas dan ekspresif dibandingkan dengan java. ini mnegurangi jumlah kode yang perlu diketik dan mempercepat proses pengembangan.
  • Interoperabilitas¬† : Kode kotlin dapat berjalan bersamaan dengan kode java ang sudah ada. Hal ini memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan kembali kode java yang sudah ada dan memperkenalkan kotlin secara bertahap ke dalam projek yang sudah ada
  • Null Safety : Kotlin mempunyai sistem dengan tipe yang kuat yang mengandung null safety. Hal ini membantu mencegah bug yang disebabkan oleh nilai null, sehingga dapat meningkatkan keandalan aplikasi.
  • Android Studio : Kotlin sepenuhnya didukung oleh android studio, IDE resmi untuk pengembangan aplikasi android. Hal ini memungkinkan pengembang untuk menggunakan fitur yang ada pada android studio dengan mudah dan efisien.

By dvine