Surface Web, Deep Web, Dark Web – Inernet terlah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari saat ini. Dengan hanya beberapa ketukan jari saja,sudah bisa kita akses informasi,komunikasi dengan orang-orang diseluruh dunia, berbelanja secara online, dan melakukan banyak hal lainnya. Namun, dibalik kemudahan dan keterhubungan yang ditawarkan oleh internet,terdapat lapisan-lapisan yang tidak semua orang pahami secara menyeluruh.

1. Surface web

Surface web adalah lapisan internet yang paling sering kita akses sehari-hari. ini mencakup semua halaman web yang dapat diindeks dan dan ditemukan oleh mesin pencari seperti google,bing, dan lainnya. Ketika anda mencari informasi, melakukan pencarian produk, membaca berita atau mengakses jejaring sosial seperti instagram dan whatsap.

Lapisan yang terbuka untuk publik, dapat diakses dengan mudah dan sebagian besar informasinya tersedia secara bebas. Situs web yang ada di surface web biasanya memiliki alamat yang mudah diingat, seperti dengan ekstensi “.com , .org , .net , .vip , co” dan jenis lainnya, ini adalah lapisan yang paling terlihat dan dapat dijangkau oleh sebagian besar pengguna internet.

2. Deep Web

Deep Web, dikenal dengan invisible web atau hidden web, adalah lapisan internet yang tidak dapat diindeks oleh mesin pencari secara langsung. Ini mencakup semua konten yang tidak dapat diakses melalui pencarian umum dan tidak terlihat disurface web. Konten ini bisa berupa halaman web yang memerlukan login, basis data yang hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu, dokumen yang dilindungi dengan sandi, atau konten yang hanya dapat diakses dengan URL khusus.

Banyaknya konten dalam Deep Web jauh lebih besar dari pada yang ada di surface web. Contoh, dokumen yang disimpan diperpurtakaan digital atau informasi yang terdapat dalam akun email atau media sosial pribadi yang termasuk kedalam Deep Web. Walaupun  konten di Deep Web tidak terlihat oleh mesin pencari, ini tidak berarti konten tersebut ilegal atau berbahaya.Sebagian besar konten dalam deep web hanya tidak dirancang untuk menjadi publik atau tidak memiliki tauan yang dapat diindeks oleh mesin pencari.

3, Dark Web

Berbeda dengan surface web dan deep web, Dark Web adalah lapisan internet yang paling tersembunyi dan paling sulit diakses. Ini merupakan bagian dari deep web yang menggunakan jaringan anonim yang disebut slot TOR (The Onion Router). Tor menyembunyikan identitas pengguna dan loksi asal mereka dengan meneruskan lalu lintas internet melalui serangkaian node yang terenkripsi.

Dark Web dikenal karena menjadi tempat berbagai aktivitas ilegal dan gelap. Disini, Pengguna dapat menjelajahi pasar gelap yang menjual narkoba,senjata informasi pribadi yang dicuri dan berbagai jenis kegiatan kriminal lainnya. Selain itu, ada juga forum yang mnyediakan ruang bagi kegiatan ilegal seperti peretasan, pembunuhan pesanan, atau penyediaan layanan terkait dengan pelanggaran hak asasi manusia.

Pentingnya bahwa tidak semua konten di dark web ilegal atau berbahaya. Ada juga forum dan situs web yang menyediakan ruang bagi aktivitas hak asasi manusia, Jurnalis yang ingin melindungi ruang bagi aktivitas hak asasi manusia, Jurnalis yang ingin melindungi identitas mereka, dan orang-orang yang mencari privasi dan anonimitas dalam hal-hal yang sah.

Pengguna Dark Web memerlukan softwar khusus dan pengetahuan teknis yang lebih dalam untuk mengakasesnya, namun penting untuk diingat bahwa melakukan kegiatan ilegal atau berbahaya di dark web melanggar hukum dan dapat mengadapi konsekuensin.

By dvine